banner

Tutorial Flash Redmi Note 3 Pro Detail!

Hai sobat AanTechno!  kali ini AanTechno akan memberikan tutorial Flashing Smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro (Qualcomm Snapdragon ya! bukan versi MediaTek) baik untuk sobat yang sudah unlock bootloader maupun belum melakukan  unlock bootloader pada smartphone nya. Ini berdasarkan pengalaman mimin sendiri sehingga insyaallah ilmunya sudah banyak (sombong :D). Baiklah langsung saja!

Persiapkan terlebih dahulu alat dan bahannya ;

  • Kabel Deep Flash (DFC) untuk jaga-jaga bila ReNo 3 nya tidak terdeteksi di Mi Flash, cara buatnya akan admin berikan di postingan yang akan datang, atau bisa beli di toko online, harga sekitar Rp.25.000 s/d Rp.100.000 tergantung kualitas kabel dan tombol yang digunakan.
  • Software Mi Flash untuk sobat yang akan flash dengan metode fastboot maupun download mode. Bisa download disini.
  • ROM FASTBOOT Xiaomi, bisa download di website Resminya disini , ingat pilih redmi note 3 pro yah (Mi dan Redmi itu berbeda), disarankan memilih versi Global Stable
  • ROM RECOVERY Xiaomi, bisa download di website Resminya disini,  rom ini khusus bagi sobat yang ingin melakukan flash via updater ataupun TWRP Recovery, bukan ROM untuk  diinstal di software Mi Flash! . 
  • Fastboot to Edl, merupakan script untuk memasukkan mode fastboot ke mode download, bisa di download disini.
  • Kabel Original Xiaomi, sangat disarankan dikarenakan kompatibilitas driver yang sudah teruji sempurna.
  • Komputer atau Laptop dengan OS Windows 7/8/10 versi 64bit untuk sobat yang melakukan flash dengan Mi Flash dengan sudah mematikan disable Signature, cara mematikannya bisa dilihat disini. (Wajib disable siganture dan wajib 64 bit) (Tidak wajib dan tidak diperlukan bagi sobat yang akan flash dengan metode recovery, ya iyalah ga pake komputer :D)
  • Driver Qualcomm untuk mode download , wajib diinstal yah!!  bisa download disini.
  • Pastikan Kondisi baterai diatas 70% agar tidak mengalami permasalahan ketika proses flashing.
  • Berdoa baca bismillah dulu, siapkan kopi, dan ingat resiko ditanggung pecundang :D !!! Kerusakan dan permasalahan yang terjadi bukan tanggungjawab AanTechno, kami hanya memberikan tutorial sebagai informasi.

Langkah-langkah flashing :

Via Download Mode (Tested Locked Bootloader & Unlocked Bootloader)


- Menggunakan Rom Fastboot
- Wajib windows 64 bit dengan sudah terdisable signature driver
- Gunakan Mi Flash 20160401 (64bit)  dan kabel ori Xiaomi
- Install terlebih dahulu driver Qualcomm
  1. Matikan ReNo 3 pro sobat, lalu hidupkan dengan menekan tombol power dan tombol volume down secara bersamaan hingga ReNo3pro bergetar dan menampilkan logo Mi lalu segera lepaskan tombolnya. Maka akan ReNo3pro sobat akan masuk ke mode fastboot, tandanya akan bergambar robot dengan reparasi. 
  2. Selanjutnya kita akan membuat Reno3pro masuk ke mode download, ingat! setelah masuk ke mode ini Reno3pro sobat akan blank hitam dengan led berkedip merah, selama proses flash belum selesai maka akan sangat kesulitan untuk masuk ke system android lagi bahkan kesulitan untuk kembali ke mode fastboot, siapkan diri sobat. Cara nya, colokkan Reno3pro yang telah masuk mode fastboot ke pc/laptop sobat, lalu buka file fastboot to edl yang sudah di ekstrak, klik edl.cmd , taraa!! smartphone anda sudah dibius untuk operasi!! :D . 

  3. Buka Device manager pada pc/laptop sobat, perhatikan di port com, apakah sudah terdeteksi Reno3pro nya, apabila sudah ada tulisan "Qualcomm HS-USB QDloader9008" maka sukses.
  4. Selanjutnya buka software Mi Flash yang telah di download diatas dan diinstal, sebaiknya jalankan software secara normal tanpa run as admin, karena pengalaman admin sering bermasalah pada script apabila run as admin.
  5. Klik refresh pada mi flash, maka apabila Reno3pro sudah terdeteksi akan tampil di mi flash, selanjutnya klik browse, arahkan pada fastboot rom yang sudah di ekstrak, ingat ekstraklah Fastboot rom hingga menjadi folder, apabila ekstensi nya tidak ada tambahkan saja dengan merename nya dengan menambahkan zip , lalu ekstrak lah di partisi C tanpa tertimpa folder apapun.
     
     
  6. Lalu kembali ke mi flash, pilih advanced, pada fastboot script arahkan pada rom yang sudah diekstrak, pilih flash all bat.

  7. Refresh kembali Mi flash nya, klik Reno3pro kita , klik flash! tunggu hingga sukses.
  8. Apabila sudah sukses maka Reno3pro akan reboot otomatis, kalaupun tidak otomatis cabut saja kabelnya apabila sudah bertuliskan operation completed successfully, lalu hidupkan manual Reno3pro sobat, tunggu booting nya, dan taraaa!! Reno3pro anda berhasil di flash.

    Ada pertanyaan langsung komen dibawah aja sobat, sebisa mungkin admin bantu, terima kasih sudah berkunjung sampai jumpa lagi si postingan selanjutnya.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tutorial Flash Redmi Note 3 Pro Detail!"

  1. sangat membantu sekali gan artikelnya... semoga bermanfaat bagi semua orang...

    titip link yah gan...

    RajaIDR
    BORNEOPOKER

    ReplyDelete